Home · Trik Youtube Monetasi Video Saran Emas Saling Berbagi Duit Online Vlog Trending Pos Lainnya

Penghasilan Youtube Halal Kah?



Penghasilan Youtube Halal Kah? Hallo mastah mastah semua, apa kabarnya? saya pastikan baik baik saja ya, seperti lagu aja ya heheheh baik baik saja. Ok tidak menulis posting rasanya ada aja yang kurang didalam hidup ini, begitu motto saya hehehe. ok, beberapa hari yang lalu, salah seorang bertanya kepada saya, ini menarik sekali. beliau bertanya kepada saya, bagaimana bisa youtube bisa memberikan penghasilan kepada penggunanya? dan apakah penghasilan tersebut benar benar nyata atau hanya scam. dan apakah duit youtube itu halal?. kira kira begitulah pertanyaan seseorang kepada saya. dan berdasarkan pertanyaan itu, saya tertarik untuk mengulasnya didalam sebuah posting.

Ok mengutip kata kata dari seorang CEO Facebook, The Online Is Money. saya rasa ada betul nya juga ya, karena didunia online itu tak ubahnya seperti dunia nyata. kenapa saya berkata demikian, karena didunia online seluruh umat manusia, tak terkecuali saya, bisa melakukan kegiatan kegiatan sama hal nya seperti dunia nyata. Mulai dari pembelian, penjualan, bahkan sekarang kuliah pun sudah melakukan sistem online. nah jadi kalau kita berbicara masalah finansial didunia online, itu memang ada dan sangat riil alias bukan boongan ya. wajar saja jika, ada seseorang yang merasa tidak percaya uang dari dunia online itu ada. 

Nah, bagaimana seorang youtuber bisa memperoleh penghasilan dari program kemitraan atau lazim kita sebut youtube adsanse? berikut saya tampilkan skema nya dalam bentuk gambar :

Asal Muasal Penghasilan Youtube Adsanse

ini menarik sekali ya, berdasarkan gambar, sudah jelas sekali, bahwa Sebuah perusahaan itu memegang andil yang sangat besar dalam penghasilan youtube, kenapa? karena semakin banyak perusahaan yang mengiklankan produknya melalui Google Adwork, maka tingkat persaingan harga iklan diyoutube juga beraneka ragam. dan ini menunjukkan bahwa pihak youtube seakan akan tidak kehabisan sumber uang dalam membayar para penggunanya yang telah terintegrasi dengan program kemitraan mereka. jadi dapat anda bayangkan, perusahaan seperti Google, berhenti membayar para penggunanya. secara logika ini tidak mungkin sekali ya, kecuali Internet dihapuskan. 

Nah jadi kesimpulannya, uang youtube itu berasal dari pihak perusahaan yang mengiklankan produknya melalui program iklan google adwork, dimana nantinya, iklan tersebut akan muncul disetiap produk google, salah satunya youtube adsanse. pihak google akan membayar apabila iklan tersebut diklik oleh pengunjung berdasarkan demografi, dan tentunya setiap demografi nilainya berbeda beda.

Demikianlah intermezo saya hehehe, hanya untuk menjelaskan secara logika, dari mana datangnya penghasilan youtube tersebut, dan kalau berbicara masalah halal, tentu jelas penghasilan youtube sangat halal sekali, terbebas dari unsur perjudian dan pencucian uang hehehehehe.



                  

Artikel keren lainnya:

2 Tanggapan untuk "Penghasilan Youtube Halal Kah?"

  1. Untuk pembahasan halal dan haram penghasilan dari Youtube anda kurang mendalam. Mengingat pembahasannya mengandung fatwa dan ada tanggung jawab yang besar, hendaknya anda berhati-hati.
    Mungkin secara teknis asal muasalnya jelas dari adsense, tapi bagaimana dengan konten iklan? Kan isinya tidak semua halal? Dimana para youtuber juga tidak bisa memilah-milah mana iklan yang ia bolehin tampil di channelnya. Ada fatwa ustadz dan ulama yang membahas ini, apabila para user tidak bisa mengendalikan atau memilih iklan yang isinya pasti halalnya maka haram hukumnya ikut adsense tsb & sudah pasti hukum penghasilannya haram juga.. Wallahu a'lam. Mengenai fatwanya bisa di cek di google mengenai penghasilan adsense, oleh Syaikh Al munajjid dan Ustadz Aris Munandar.

    ReplyDelete